Sunday, March 13, 2022

Pengalaman Kuliah di UMBY Kelas Karyawan

Vrengki Andri Setiawan

 



Halo!
Saya Vrengki Andri Setiawan, adalah mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Mercu Buana Yogyakarta kelas R3 atau Kelas Karyawan. Selain kuliah, saya juga bekerja sebagai Human Resource (HRD) di perusahaan PT Molay Satrya Indonesia, bidang tersebut memang berbeda dengan jurusan yang saya ambil karena memang saya tidak pernah menutup diri untuk mempelajari semua hal dan ilmu baru yang memungkinkan untuk saya pelajari.

Saat ini saya sudah menempuh 6 semester di UMBY dan saya memiliki harapan besar untuk bisa lulus tepat waktu. Selama saya menempuh 6 semester tersebut banyak hal yang saya pelajari mulai dari teknis IT dalam perkuliahan, pola pikir maupun teman dan relasi. Secara teknis IT, beberapa hal yang saya pelajari yang paling berkesan diantaranya terkait bahasa pemrogramman Java dan juga terkait database lanjutan, setelah sebelumnya untuk basic database sudah saya pelajari juga di jenjang SMK.

Selain teknis IT, saya juga belajar banyak hal diantaranya diperkuliahan diajarkan untuk merumuskan dan memecahkan masalah dan juga pengembangan ilmu technopreneurship atau pengembangan pola berbisnis.
Perumusan dan pemecahan suatu permasalahan yang diajarkan di perkuliahan sangat erat hubungannya dengan keadaan-keadaan dalam pekerjaan saya, walaupun saya bekerja bukan dibagian IT melaikan bagian Human Resource Development, ilmu-ilmu problem solving tersebut sangat bisa diterapkan dalam pekerjaan-pekerjaan formal maupun informal saya.

Kegiatan perkuliahan menjadi lebih menarik ketika muncul pandemi Covid-19. Semua mata kuliah yang saya ambil dari semester 3 mulai dijalankan secara daring / online. Ada sisi positif yang saya terima karena sebagai seorang karyawan di perusahaan swasta saya menjadi lebih mudah dalam membagi waktu antara kuliah dan bekerja, kegiatan-kegiatan di kantor juga berjalan lebih lancar dan mudah karena saya dapat mengerjakan tugas kuliah kapan saja dan dimana saja.

Untuk yang terakhir, yang saya syukuri dan pelajari di perkuliahan adalah bertambahnya teman sekaligus relasi untuk bekal bekerja maupun bekal hidup saya. Di kampus saya menemukan banyak teman-teman saya yang memiliki pola pikir dan pekerjaan yang luar biasa yang bisa saya pelajari dan implementasikan ke pekerjaan maupun kehidupan saya yang lainnya.

Demikian, sharing saya pada kesempatan kali ini terkait perjalanan perkuliahan saya dari awal masuk kuliah sampai kurang lebih 6 semester ini.

Thank you semua yang sudah membaca. Keep it up! 

0 comments:

Post a Comment