Friday, March 18, 2022

Proses SDLC Pada Pembuatan dan Pengembangan Blog Eternally Fish

Vrengki Andri Setiawan

Halo!


Disini saya akan membahas dan menceritakan terkait proses SDLC pada pengembangan blog ini. Seperti yang kita ketahui beberapa proses pada SDLC diantaranya seperti dibawah ini :



Sesuai dengan flow tersebut, saya mengembangkan blog ini pun menggunakan alur tersebut.
Yang pertama saya lakukan adalah menganalisis website seperti apa yang akan saya develope, waktu itu saya mengembangkan website ini kebetulan berdasarkan tugas dari Mata Kuliah Technopreneurship yang diampu oleh Dosen TI saya Bapak Imam. Pada waktu itu Bapak Imam memberikan tugas untuk setiap mahasiswa membuat blog atau web sesuai dengan bisnis yang sudah berjalan atau ide bisnis yang akan dikembangkan oleh mahasiswa.

Pada blog ini, ide awal pengembangannya adalah untuk branding dan penjualan ikan hias khususnya ikan predator karena memang usaha jual beli ini sudah saya jalankan sebelumnya. Setelah saya merumuskan tujuan blog ini dibuat, saya menentukan platform yang akan saya gunakan, banyak pilihan yang mirip dengan blogger, seperti wordpress, wix, dan penzu, akan tetapi saya memutuskan untuk menggunakan blogger karena lebih familiar dan lebih mudah dicustomize secara layout.

Setelah itu, kemudian saya mulai membuat akun pada blogger dan mencari template sesuai ide yang saya pikirkan. Masuk kedalam proses Design, saya mendapatkan template blogger ini pada website Templateism secara gratis. Setelah itu saya coba mengatur bagian Menu Bar, body dan footernya serta menyesuaikan coloringnya.

Setelah menurut saya layout sudah sesuai yang saya harapkan, saya masuk ke proses Development dimana saya mulai menulis postingan pertama saya. Postingan tersebut adalah tentang ikan Chana Maru Yellow Sentarum berukuran 50cm dan sudah saya pelihara kurang lebih 6 bulan pada waktu artikel itu saya publish. Setelah itu, saya melanjutkan pengembangan blog tersebut dengan beberapa artikel selanjutnya. Tentunya dalam pengembangan saya menemukan bug-bug seperti button yang linknya expired, layout yang berantakan dan yang lainnya, oleh karena itu saya coba memantain secara berkala dan berkelanjutan untuk memastikan web atau blog saya tersebut dapat terus online dan tidak ada error.

Untuk kedepannya, saya memiliki beberapa ide untuk pengembangan web tersebut diantaranya membuat page khusus untuk penjualan dimana didalamnya layout dibuat seperti bentuk table dengan isian foto dan harga ikan yang saya tawarkan. Selain itu saya juga ingin menambahkan hosting dan domain supaya untuk media-media yang saya tampilkan pada web dapat saya kelola dengan baik dan juga untuk domain lebih mudah diingat dan meningkatkan sisi brandingnya.

Demikian sedikit cerita saya terkait proses pengembangan web ini. Terima kasih teman-teman semua sudah membaca artikel ini! 😁

1 comments:

  1. Solusi Massa
    solusimassa.com
    KLIK DISINI
    Platfrom jual beli barang dan jasa terbesar di Indonesia, menghubungkan antara penjual dan pembeli.
    Pasang Iklan Gratis! bebes tanpa batas.

    ReplyDelete